Rabu, 03 Mei 2017

Virgin Coconut Oil (VCO)

Bagaimana membuat VCO?
Minyak kelapa murni sering dikenal dengan sebutan VCO merupakan minyak yang kaya akan nutrisi. Kandungan asam lemak rantai pendek membuat gizi minyak kelapa ini mudah dicerna, bahkan diyakini dapat melarutkan lemak/kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah.

Pengalaman membuat VCO, ternyata membawa manfaat. selain untuk keperluan sendiri, beberapa teman juga menginginkan untuk mengkonsumsinya karena khasiatnya yang WOW. Ada teman yang pesan karena daya VCO membuat daya tahan tubuh si anak meningkat. Kalau ada tanda-tanda mau masuk angin, batuk atau pilek, minum VCO dapat mencegah datangnya penyakit tersebut. Minum VCO juga dapat melancarkan buang air besar. Seorang teman yang biasa kesusahan buang air besar merasakan ampuhnya khasiat VCO. Baru minum satu sendok makan sebelum tidur, keesokan harinya tidak merasakan sakit saat buang air besar. 

VCO sangat mudah dibuat. tidak perlu repot-repot membelinya jika kita telaten membuatnya. Bahannya cukup buah kelapa tua.
Kita dapat mencoba membuat dengnan menyiapkan 1 Kg daging kelapa parut. 
Cara membuatnya mudah. Campur daging kelapa parut dengan 1 Liter air, lalu peras sehingga didapatkan santal kental. Santan tersebut didiamkan 1-2 jam sehingga memisah menjadi 2 lapis (bagian atas berupa santan kental atau disebut kanil dan bagian bawah air). Ambil bagian kanilnya saja. Tambahkan 5 gram ragi ke dalam 1 liter kanil. Sebaiknya ragi yang ditambahkan sudah dicampur dengan air minum 50 mL agar nantinya bisa bercampur merata. Setelah ragi ditambahkan, aduk rata. simpan kanil yang sudah tercampur ragi ke dalam toples bertutup. peramkan selama 24 jam. setelah 24 jam akan didapati hasil fermentasi santan kelapa berupa 3 lapisan, yaitu kapang dibagian atas, minyak dibagian tengah dan air dibagian bawah. ambil minyaknya saja. Hati-hati saat mengambil minyaknya, usahakan tidak tercampur kapang atau airnya, agar dihasilkan minyak kelapa dengan tingkat kemurnian tinggi. agar lebih jernih, saring minyak yang diperoleh dengan kertas saring.  dua kali penyaringan lebih baik. Kemas dalam wadah kaca atau plastik tertutup agar vtidak mudah tengik. Minyak ini bisa tahan hingga 3 tahun. Selamat mencoba....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar